Share with Love

#NHW8 MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil’alamin..Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan Semesta Alam. Shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad beserta para sahabat, keluarga dan juga umatnya, semoga kita mendapatkan syafaatnya di hari akhir kelak, aamiin.

Perkenankan saya mengerjakan Nice Homework ke 8, yang artinya, Alhamdulillah saya telah mengikuti matrikulasi di Institut Ibu Profesional pekan ke-8. Dalam penugasan ini, saya dan teman-teman peserta lain, diminta untuk menerapkan secara teknis misi hidup dan produktivitas diri sebagai Ibu Profesional. Saya akan jabarkan dalam beberapa poin berikut ini.

 

  1. Kegiatan yang disuka: Melakukan PERMACULTURE
  2. Ingin menjadi apa? (BE) : Ahli Permaculture yang menerapkan permaculture dalam kehidupan sehari-hari.

Yang akan dilakukan (DO) : Belajar bertani, berternak, mengolah hasil pertanian dan peternakan, mengolah sampah, menjaga ekosistem lingkungan hidup, dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari

Yang ingin dimiliki (HAVE): material: rumah dengan halaman yang luas, dengan halaman organik dan peternakannya, yang saling berkesinambungan dengan ekosistem di sekitarnya. Immaterial: Memberikan yang terbaik sebagai hamba Allah Subhanahuwata’ala dengan memanfaatkan apa yang ada di sekitar dengan sebaik-baiknya sehingga terus bersyuku kepada Sang Pencipta dan menularkan semangat tersebut kepada anak cucu kelak.

Langkah untuk menuju arah tersebut:

  1. Lifetime Purpose: Ingin melihat dan mendukung masyarakat Indonesia mandiri dengan kehidupannya dengan mampu memproduksi dan mengolah bahan pangan dari lingkungan sekitar rumahnya.
  2. Strategic Planning: dalam 5 tahun ini sudah mampu menerapkan sendiri dari lingkungan keluarga sendiri, dari rumah sendiri.
  3. One Year Resolution: satu tahun pertama sudah mahir bercocok tanam, dari halaman sendiri, sudah mampu menguasai ilmu bercocok tanam, tahun berikutnya mampu mengendalikan perputaran produk pangan, pengelolaan sampah, tahun berikutnya mampu memahami kebergantungan hidup dalam ekosistem, menjaga perputaran hidup dalam ekosistem hidup di lingkungan sendiri, dan menularkan semangat tersebut ke masyarakat sekitar.

Demikian tugas NHW8 ini saya buat, semoga apa yang saya tuliskan dapat terwujud. Terimakasih atas saran dan masukannya, semoga maju bersama menjadi Ibu Profesional yang diberkahi dan dirahmati Allah Subhanahu Wata’ala, aamiin..

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Majenang, Cilacap

24 September 2018

Share With Love

Khoirun Nisaa