Share with Love

Tantangan Level 3 Melatih Kecerdasan #hari7

Bismillah,

Saya teringat, beberapa hari lalu, anak K sempat celetuk bertanya tentang malaikat. Dia menyebut tentang Malaikat Jibril. Jadi hari ini saya putuskan untuk membacakan kekuasaan Allah atas penciptaan makhluk, khususnya malaikat.

Saat anak K masuk dan menemani saya di kamar, saya ambillah buku berjudul Anak Bertanya, Anda Kelabakan karya Layla Tm. Di dalamnya berisikan kumpulan, pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ditanyakan anak kepada orangtuanya. Di salah satu bagian, ada pembahasan soal malaikat, salah satu makhluk ciptaan Allah.

Saya mengawali dengan mengatakan kepada anak K, bahwa Allah itu Maha Kuasa, dan Maha Menciptakan makhluk-makhluk-Nya dengan segala macam bentuk dan jenisnya. Ada manusia, jin, hewan, dan juga malaikat. Lalu saya membacakan buku tersebut, dimulai dengan bagian yang menjelaskan bahwa contoh percakapan antara anak yang bertanya kepada ibunya tentang malaikat yang punya sayap. Mendengar kata-kata sayap, anak K terlihat sangat antusias, dan ingin menyaksikan sendiri di halaman buku yang saya baca. Sengaja saya mengawali dari bagian itu, karena saya tahu, anak K tertarik kepada hal-hal yang berhubungan dengan terbang, sayap dan sebagainya.

Imam Ahmad, meriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud radiallahuanhu, “Rasulullah pernah melihat JIbril dalam bentuknya (yang sesungguhnya). Ia mempunyai 600 sayap; masing-masing sayap menutup cakrawala. Dan setiap sayapnya keluar berwarna-warni mutiara dan yaqut (batu mulia).” Ibnu Katsir mengatakan bawa isnad hadist ini yajid (bagus). (TM, Layla, 2018: 36)

Anak K spontan bertanya, “Mana ada 600?” sambil menggerakkan badannya mendekati bunda dan melihat halaman yang saya baca.

Anak K sudah mampu membedakan angka, jadi dia yakin ketika sudah lihat angka 600, kemudian dia malah meyakinkan jumlahnya 600 bukan 700. MaasyaAllah, indah sekali penciptaan Allah. Begitu kalimat saya, mengagumi ciptaan Allah, berupa malaikat. Di dalam buku tersebut dikatakan bahwa, dalam banyak riwayat, sesungguhnya hanya Allah yang tahu pasti bagaimana wujud asli malaikat. Dalam hadist tersebut di atas hanya menceritakan sebagian saja, tidak secara keseluruhan dan detail. Bahkan di riwayat lain, dikatakan terkadang malaikat Jibril mendatangi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam wujud manusia.

Saya menegaskan kepada anak K, bahwa malaikat adalah jenis makhluk ciptaan Allah, yang sangat patuh kepada perintah Allah. Ada banyak sekali malaikat dengan nama dan tugas masing-masing. Setidaknya ada sepuluh malaikat yang harus diketahui kaum muslim. Mereka adalah Malaikat Jibril, Malaikat Mikail, Malaikat Israfil, Malaikat Maut, Malaikat Munkar, Malaikat Nakir, Malaikat Rakib, Malaikat Atid, Malaikat Malik, dan Malaikat Ridwan.

Untuk sesi tadi, saya belum berbicara detail tentang ke-sepuluh malaikat tersebut. Baru sekedar nama dan tugasnya saja. Selain nama malaikat tersebut, dalam Alqu’an juga menjelaskan ada beberapa malaikat lain seperti Malaikat Zabaniyah, Hamalatul Arsy, Malaikat Rahmat, Malaikat Kiraman Katibin, dan Malaikat Harut dan Marut.

Semoga kisah tentang malaikat tersebut di atas, mampu menumbuhkan ketetapan hati anak K tentang bagaimana Allah Maha Kuasa, dan adalah satu-satunya Zat yang patuh diibadahi dan dipatuhi perintah dan larangan-Nya, aamiin. Semoga dapat diambil manfaat. Sampai bertemu pada catatan berikutnya, InsyaAllah.

Share with love

Khoirun Nisaa