Share with Love

Resep Susu Kedelai

assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Haloo pembaca semua, yang semoga selalu dirahmati Allah Subhanahu Wata’ala

Kali ini, saya ingin share cara membuat susu kedelai yang sudah saya praktikkan sendiri, Susu kedelai ini bisa jadi alternatif pengganti susu hewani, terutama bagi anak yang alergi susu sapi. Langsung saja kita simak resep susu kedelai beserta beberapa tipsnya di bawah ini.

Bahan-Bahan:

Kedelai putih    100gr

Gula pasir          6-7 sdm

Garam                 1/2 sendok teh

Air                        1600 ml

vanili/essense buah (melon, strawberry, cokelat dst) sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Rendam kedelai dalam air selama minimal 6 jam, semakin lama semakin mengembang
  2. jika sudah direndam, tiriskan airnya, dan kupas kulit kedelai, buang kulitnya
  3. cuci hingga bersih
  4. Haluskan kedelai dengan cara mem-blender caranya masukkan kedelai ke dalam blender lalu beri air 400ml, kemudian haluskan kira-kira 1 menit kecepatan lambat, 1 menit kecepatan sedang. kemudian saring menggunakan saringan yang besar.  Ulangi prosesnya dengan cara sama, hingga air habis 1600ml.
  5. Air kedelai yang sudah disaring disatukan dalam satu wadah bisa berupa baskom besar. saring ulang menggunakan kain serbet yang halus dan khusus untuk menyaring susu kedelai, tidak boleh dicampur dengan penggunaan lain. letakkan hasil pada panci
  6. tambahkan gula pasir dan garam, lalu masak pada api kecil. selama memasak harus selalu diaduk
  7. Masak hingga mendidih, dan angkat
  8. jika menghendaki berasa dan berwarna bisa ditambahkan vanili bubuk atau essense buah-buahan.

selamat menikmati semoga berhasil

sekarang saatnya saya share tips untuk membuat susu kedelai :

  1. Merendam kedelai idealnya 8-12 jam jadi kalau mau bikin pagi hari, rendam dari kemarin sore/maghrib. Jangan rendam terlalu lama, karena akan mulai bau
  2. Kupas kulit kedelai bisa dengan cara meremas-remas kedelai bersamaan dengan dua tangan di dalam tumpukan kedelainya, atau dengan menggosok-gosokkan genggaman kedelai dengan dua tangan.
  3. Dari pengalaman yang sudah-sudah, semakin bersih kulit kedelainya, buih yang dihasilkan semakin sedikit, tetapi kalau masih banyak kedelai yang belum terkelupas kulitnya, buih pada susu kedelai semakin banyak, hehehe.
  4. Soal kekentalan, resep yang saya berikan di atas itu untuk Sule (Susu kedelai) yang tingkat kekentalannya sedang, Tidak terlalu encer dan tidak juga terlalu kental, cocok untuk yang dijual kembali seharga Rp 1000,-/120ml. Resep itu sesuai perbandingan kedelai dan air 1:16 jadi kalau kedelai 100gr maka airnya 1600ml. Untuk mendapatkan hasil yang lebih kental, perbandingan air dan kedelai perkecil saja, misal 1:10 atau 1:8. Dijamin hasilnya lebih kental.
  5. Prosen blender juga sangat mempengaruhi hasil Sulenya lho… Saya pakai blender Miyako, haluskan saja dengan kecepatan rendah dan sedang masing-masing 1 menit, dan intens. InsyaAllah dapat hasil yang bagus.
  6. Kalau membuat Sule dalam jumlah banyak, bisa menyaring dengan menggunakan saringan biasa/seperti saringan teh ukurang besar, terlebih dahulu. Di akhir proses saring, sebelum direbus, barulah saring menggunakan kain berpori lembut, peras hingga ampas kedelai kering. InsyaAllah hasilnya halus, lembut, dan tanpa ampas yang mengganggu.
  7. Merebus sule, harus dengan api yang kecil, dan dari awal sampai akhir harus selalu dalam keadaan diaduk, untuk mencegah susu pecah dan menggumpal, bahkan ketika sudah mendidih, dan api sudah dimatikan, tetap aduk hingga kurang lebih 1-2 dua menit, untuk mencegah susu pecah dan menggumpal.
  8. bagi yang menghindari manis gula, boleh dilewati dan bisa menggunakan madu, atau kurma yang sudah diblender, pemberian garam untuk menyemimbangkan rasa manisnya, juga menambah kelezatan.

Demikian resep Susu kedelai yang sudah saya praktikkan beberapa kali, semoga bermanfaat dan berhasil bagus waktu recook, sampai jumpa lagi pada kesempatan lain

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh